Manfaat dan Kerugian Ikan Gabus

Posted by Unknown On Minggu, 10 Januari 2016 0 komentar

Sebetulnya ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Ikan-ikan gabus liar yang ditangkap dari sungai, danau dan rawa-rawa kerap kali diasinkan sebelum diperdagangkan. Gabus asin merupakan salah satu ikan kering yang cukup mahal harganya. Selain itu ikan gabus segar, kebanyakan dijual dalam keadaan hidup, diketahui ikan gabus lebih banyak kandungan gizi dari ikan yg lain,dan banyak mengandung protein maka ikan gabus bagus untuk di konsumsi. Ikan gabus ini juga sangat bagus untuk pemulihan pasca operasi,mendukung pertumbuhan anak atau balita dll.



Ikan gabus untuk masyarakat desa yang khususnya petani, ikan gabus sangat membantu memusnahkan hama, misalnya: sawah yang banyak di huni oleh hama keong, sering kali berujung gagal panen, akibat dari ulah keong yang sering memakan padi, terutama di usia muda. Namun beberapa petani menemukan cara yang cukup mudah dan sangat membantu, yaitu, dengan mengembang biakan ikan gabus di sawah-sawah yang sedang di garapnya, dengan demikian keong-keong yang banyak merugikan petani sedikit demi sedikit akan berkurang,

Akan tetapi ikan ini juga dapat sangat merugikan, yakni apabila masuk ke kolam-kolam pemeliharaan atau keramba ikan. Ikan Gabus ini sangat rakus memangsa ikan-ikan kecil, sehingga bisa menghabiskan ikan-ikan yang dipelihara di kolam atau keramba, utamanya bila ikan peliharaan itu masih berukuran kecil. Ikan gabus juga menjadi spesies penganggu atau predator bagi peternak ikan. karena mereka telah banyak memangsa ikan peliharaan.

0 komentar:

Posting Komentar